Seria A terancam kehilangan jatah Liga champions


ROMA | SURYA - Penampilan buruk klub-klub Italia di Liga Champions membuat negeri itu terancam kehilangan satu jatah. Jika UEFA menilai prestasi Italia menurun, maka pada tahun 2011 jatah negeri itu bisa dikurangi dari empat klub menjadi tiga klub.

Pada Liga Champions musim ini, tak satu pun klub Italia yang lolos ke babak perempat final. Mereka semua tersingkir di 16 besar. Ini bukan pertama kali prestasi Italia menurun. Dalam lima tahun terakhir, kecuali gelar juara AC Milan tahun 2007, prestasi Italia secara keseluruhan menurun.

UEFA memberi jatah klub ke Liga Champions berdasarkan koefisien ranking yang diklakulasi dari prestasi klub di kompetisi Eropa dalam lima tahun terakhir. Akhir-akhir ini, ranking Italia menurun menjadi urutan ketiga. Tiga klub teratas mendapat jatah empat klub untuk tampil di Liga Champions. Tapi, dengan prestasi buruk tahun ini, ranking Italia bisa menurun menjadi empat. Artinya, jatah mereka bisa hanya tiga klub di Liga Champions.

Selama ini, urutan keempat diduduki Jerman yang mendapat jatah tiga klub di Liga Champions. Sementara urutan pertama masih diduduki Inggris dengan 76 poin, baru diikuti oleh Spanyol yang memiliki 73 poin. Italia di urutan ketiga mengantongi 63 poin dan Jerman memiliki 54 poin.

Menurut la Gazzetta dello Sport, Itallia masih akan mendapat jatah empat klub di Liga Champions musim depan. Persoalannya, ranking tahun depan akan ditentukan prestasi lima tahun mulai musim 2004-05. Artinya kalkulasi terakhir di musim 2008-09. Nah, di musim 2008-09, Italia mendapat banyak pengurangan poin.

Sementara, musim ini Bayern Muenchen masih bertahan di perempat final. Jika mereka juara Liga Champions, apalagi ditambah Hamburg atau Werder Bremen juga juara Piala UEFA, maka Italia bisa turun ke urutan ketiga. Artinya, jatah klub ke Liga Champions dari Italia akan dikurangi satu. GZT/HPR/kcm

0 komentar:

Posting Komentar

fans